Membaca Kamus

Bismillah…

Dalam post kali ini, kita akan mencoba memahami dasar dari bagaimana cara mencari sebuah kata dalam Kamus bahasa Arab – Indonesia. Perlu diingat! mencari sebuah kata dalam bahasa Arab tidak sesederhana mencari sebuah kata dalam kamus bahasa Indonesia dan kamus bahasa Inggris. Silakan diingat salah satu kuncinya berikut ini:

Sebagian besar kosakata yang terdapat dalam bahasa Arab, berarapun jumlah hurufnya, sebagian besar sesungguhnya hanya terdiri dari 3 huruf dasar saja.

Contoh : “Masjidun” (terdiri dari 4 huruf : mim, sin, jim, dal / ma-s-ji-dun (dibaca Masjid)).

Dari keempat huruf tersebut, kita hanya perlu mengambil 3 huruf dasarnya saja, yakni huruf Sin-Jim-Dal / Sa-Ja-Da. Sedangkan huruf mim pada kata “Masjidun” tersebut adalah huruf awalan saja, seperti awalan “me” pada kata “menghafal” dalam bahasa Indonesia.

Dengan demikian, jika kita ingin mencari kata “Masjidun” dalam kamus bahasa Arab – Indonesia, kita harus mencarinya pada bagian huruf “Sin”, yang merupakan huruf pertama dari 3 huruf dasar yang sudah kita ambil. Selanjutnya adalah mencari kata “Sa-Ja-Da”, yang merupakan sebuah kata paling sederhana yang dapat dibentuk dari 3 huruf dasar tersebut. Jika telah ditemukan, maka lihat kata-kata yang terdapat di bawah kata “Sa-Ja-Da” tersebut, maka kemungkinan besar kita akan menemukan kata “Masjidun” yang kita cari (tergantung pada seberapa lengkap kosakata yang dimiliki kamus), Insya-Allah.

 

Wallahu-a’lam bisshawaab…

Leave a comment