Mutsanna

Bismillah…

Pada tulisan kali ini, kita akan membahas salah satu hal yang unik yang dimiliki oleh bahasa Arab, yaitu bentuk “Dual” atau yang disebut juga dengan Mutsanna.

Istilah Mutsanna memiliki akar kata yang sama dengan kata “Itsnaani” atau “Itsnaini” yang berarti 2 atau hari Senin (serapan dari “Itsnaini” karena Senin memang berarti hari kedua, sedangkan hari pertama adalah hari Ahad, yang berarti esa atau satu). Dengan demikian, Mutsanna adalah istilah untuk menunjukkan bentuk dual dari kata benda, yang berarti menunjukkan bahwa jumlah benda itu ada 2 buah saja. Sedangkan untuk benda yang jumlahnya hanya satu buah / tunggal, bahasa Arab memiliki istilahnya sendiri, yakni “mufrad”. Begitupula dengan benda yang jumlahnya 3 atau lebih, terdapat istilah sendiri, yaitu “jama'”.

Bagaimana cara untuk membentuk kata Mutsanna?

Jika dalam bahasa Inggris terdapat rumus : bentuk tunggal / singular + “s” atau “es” = bentuk plural, maka bahasa Arab juga memiliki rumusnya sendiri, yang insya-Allah, mudah diingat dan dipahami. Rumusnya adalah :

  1. bentuk tunggal / mufrad + …aani (alif dan nun kasrah), atau
  2. bentuk tunggal / mufrad + …aini (ya sukun dan nun kasrah)

Untuk contohnya silakan lihat gambar di bawah ini. Semoga dapat dipahami dan semoga bermanfaat.

Penerapan Rumus Mutsanna dalam Kata “Muslimun”
Created By : RQAl Ikhlas

Agar lebih menguatkan pemahaman tentang rumus Mutsanna dan cara menggunakan rumusnya, silakan manfaatkan latihan yang terdapat pada link berikut ini:

https://rqalikhlas.typeform.com/to/grtW73

 

Semoga bermanfaat!

 

Leave a comment